You need to enable javaScript to run this app.

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Produk dan Contoh Kegiatannya

  • Selasa, 16 Juli 2024
  • Administrator
  • 0 komentar
Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Produk dan Contoh Kegiatannya

Sobat Pendidik, Pembelajaran Berdiferensiasi Produk berfokus pada hasil belajar yang ingin dicapai siswa. Metode ini memungkinkan siswa untuk menunjukkan minat, bakat, dan kreativitas mereka dengan cara yang unik dan bermakna.

Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Produk 

1. Memberikan Tantangan dan Keragaman atau Variasi Produk yang Dapat Dihasilkan Siswa

Guru menyediakan berbagai jenis tugas dan proyek yang berbeda dalam tingkat kesulitan, memungkinkan siswa memilih tugas yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka.

Guru mendorong siswa untuk membuat dan membuat berbagai produk, seperti esai, presentasi, poster, karya seni, video, blog, atau bahkan pertunjukan. Mereka memberikan contoh produk untuk menginspirasi siswa dan menunjukkan berbagai cara untuk mengungkapkan apa yang mereka ketahui.

Contoh:

Alih-alih hanya menulis esai tentang topik sejarah, siswa dapat memilih untuk membuat poster, garis waktu, atau drama untuk menceritakan peristiwa sejarah.

Dalam pelajaran sains, siswa dapat memilih untuk melakukan eksperimen dan mempresentasikan hasil mereka dalam bentuk laporan, video, atau pameran sains.

2. Memberikan Siswa Pilihan Bagaimana Siswa Dapat Mengekspresikan Pembelajaran yang Diinginkan

Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih format produk yang mereka inginkan, berdasarkan preferensi dan gaya belajar mereka.

Guru mendorong siswa untuk menyelesaikan tugas secara mandiri, berpasangan, atau dalam kelompok kecil. Guru juga memberi mereka ruang dan waktu untuk bekerja sama dan saling belajar.

Contoh:

Siswa yang lebih suka bekerja secara mandiri dapat memilih untuk mengerjakan proyek individu, sedangkan siswa yang lebih suka bekerja sama dapat memilih untuk mengerjakan proyek kelompok.

Siswa yang memiliki bakat seni dapat memilih untuk mengekspresikan pemahaman mereka melalui karya seni, sedangkan siswa yang pandai berbicara dapat memilih untuk membuat presentasi.

Contoh Kegiatan Pembelajaran Berdiferensiasi Produk

Diferensiasi Produk

Kesiapan Belajar:

Pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 4, peserta didik diminta menemukan pokok pikiran dan kalimat utama dari sebuah artikel.

Minat:

Siswa diberikan kemerdekaan untuk memilih produk dan media yang akan digunakan dalam menunjukkan pemahamannya atas materi yang sudah dipelajari

Gaya belajar:

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan sikap empati berkaitan dengan tema pubertas lewat kampanye. Peserta didik dalam hal ini menjelaskan proses terjadinya pubertas dan bagaimana menyikapinya

Memberdayakan siswa untuk menunjukkan pengetahuan mereka dengan cara yang kreatif dan bermakna adalah tujuan dari pendekatan pembelajaran bervariasi produk.

Guru dapat mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan bertanggung jawab dengan memberi mereka pilihan, tantangan, dan kebebasan.

Memberdayakan siswa untuk menunjukkan pengetahuan mereka dengan cara yang kreatif dan bermakna adalah tujuan dari pendekatan pembelajaran bervariasi produk. Guru dapat mendorong siswa untuk menjadi pembelajar yang mandiri dan bertanggung jawab dengan memberi mereka pilihan, tantangan, dan kebebasan.

Demikian ulasan tentang Mendesain Pembelajaran Berdiferensiasi Produk dan Contoh Kegiatannya, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Yono, S.Pd

- Kepala Sekolah -

Tabe Salamat Lingu Nalatai Salam Sujud Karendem Malempang. Adil Ka’Talino, Bacuramin Ka’Saruga, Basengat Ka’Jubata   Seraya memanjatkan puji syukur...

Berlangganan
Banner